Misteri Sumur Jalatunda Dieng


jala

Daerah vulkanik yang masih menyisakan berbagai keindahan dan keunikkan serta misteri di dalamnya, seperti  salah satu sisa hasil letusan masa lalu yang berupa lubang raksasa mirip sumur dengan diameter 90 m dan kedalaman 100 m di atas permukaan air sumur. dari cerita yang ada di penduduk setempat memiliki bermacam-macam cerita misteri tentang keberadaaan dari fenomena alam tersebut.

Namun demikian itulah yamg menjadi daya tarik tersendiri dari area wisata alam yang lebih di kenal dengan nama sumur raksasa jalatunda dieng. beberapa mitos yang melatarbelakangi dari munculnya sumur jalatunda dieng seperti , dalam pewayangan sering di sebut bumi sapta pratala di mana bumi lapis tujuh tempat bermukim raja antaboga, nagagini, dan antareja. ada juga yang menyebut sebagai salah satu gerbang masuk menuju kerajaan pantai selatan, serta legenda yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dieng dan sekitarnya.

Nama jalatunda yang berasal dari dua suku kata jala= jaring, dan tunda=menunda, ternyata memiliki mitos untuk memotivasi kita bahwa dalam hidup apabila kita mempunyai  cita-cita janganlah di tunda-tunda atau akhirnya kita akan menyesal tidak dapat memiliki keinginan yang di harapkan. Bagi kalangan tertentu di tempat jalatunda juga di anggap sebagai tempat keramat sehingga pada waktu khusus juga di gunakan untuk kegiatan meditasi . dari banyaknya legenda dan mitos di area jalatunda yang paling populer salah satunya adalah barang siapa bisa melempar batu hingga ujung dinding sumur dengan hitungan angka ganjil maka akan mendapatkan keberuntungan ( make a wish ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s